5 Cara Mengatasi Tembok Retak Dalam Sekejap

Cara Mengatasi Tembok Retak – Memiliki rumah yang nampak indah dan elegan adalah idaman bagi setiap orang. Namun apa jadinya jika keindahan tersebut terhalang oleh adanya masalah pada dinding atau tembok rumah yang mengalami keretakan. Adanya bagian dinding tembok yang retak tentu akan mengurangi keindahan rumah yang kamu miliki. Jika hal tersebut tidak ingin kamu alami maka berikut cara mengatasi tembok retak paling cepat dalam sekejap.
Namun sebelum melakukan perbaikan pada tembok yang retak, maka kamu harus tahu penyebabnya terlebih dahulu. Misalnya saja seperti adanya tekanan yang berlebih, proses pelaburan plester yang kurang sempurna, atau bisa juga saat pemberian acian yang terlalu bergesa-gesa. Jika penyebabnya sudah kamu ketahui, maka silahkan untuk melakukan perbaikan pada tembok retak dengan cara-cara di bawah ini.

Menggunakan Semen


Cara mengatasi tembok retak berikut ini bisa kamu gunakan untuk jenis keretakan yang terlalu parah. Misalnya sampai menimbulkan celah atau lubang retakan. Untuk caranya sendiri kamu bisa menggunakan semen yang dicampur dengan pasir halus. Caranya buka dahulu bagian tembok yang mengalami keretakan, kemudian isikan campuran semen dan pasir ke dalamnya. Tutup kembali dengan plester dan taburi dengan acian sampai kering.


Untuk masalah tembok retak yang terjadi karena adanya penyusutan hingga menyebabkan retakan sampai berjalar memanjang. Maka solusinya bisa kamu atasi dengan melabur acian kembali pada bagian dinding tembok yang retak. Gunakan acian berwarna putih dan campur dengan sedikit polimer. Ratakan pada bagian tembok yang retak dengan menggunakan ampelas. Tunggu sampai benar-benar mengering kurang lebih sekitar 5 hari, baru cat tembok sesuai dengan warna sebelumnya.


Memperbaiki tembok retak berikut ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan dempul spackle atau campuran semen halus. Cara ini bisa kamu lakukan pada bagian keretakan yang tidak terlalu parah namun menimbulkan sedikit benjolan yang tidak merata pada tembok. Ampelas dulu pada bagian yang retak agar kedudukannya sama rata. Kemudian gunakan pisau dempul untuk melabur bagian retak dengan semen halus secara merata.


Cara mengatasi tembok retak yang satu ini hampir sama ketika kamu menggunakan dempul spackle. Pada bagian retakan bisa langsung kamu tutup dengan menggunakan plaster drywall. Namun cara ini bisa dilakukan hanya pada jenis retakan yang tidak terlalu parah dan tidak menimbulkan celah berlubang. Kamu bisa melakukannya dengan cara yang cukup mudah yaitu tutup dengan plaster drywall hingga bagian retakan tidak terlihat lagi.


Sering sekali kamu menemui dinding rumah yang mengalami retakan kecil namun dengan jumlah yang sangat banyak. Jenis retakan tembok seperti helaian rambut ini bisa kamu atasi dengan menggunakan cat dasar untuk menutupi bagian yang retak tersebut. Cara pengecetak ini bisa kamu lakukan secara merata baik pada bagian tembok yang retak atau yang tidak retak.
Itulah beberapa cara mengatasi retak pada tembok dinding rumah. Cara ini bisa kamu lakukan untuk memperbaiki adanya retakan pada dinding rumah agar terkesan lebih cantik dan indah. Tidak perlu waktu yang lama atau bahkan memanggil tukang bangunan. Cukup lakukan cara mengatasi tembok yang retak seperti di atas, maka tembok yang retak pun akan kembali seperti sediakala. Cukup mudah bukan untuk kamu lakukan sendiri. Cara Mengatasi Tembok Retak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar