5 Cara Mengelupas Cat Tembok Lama dengan Cepat dan Mudah

Cara Mengelupas Cat Tembok – Menciptakan keindahan rumah ternyata tak harus dilakukan dengan cara renovasi ulang yang membutuhkan biaya besar. Dengan melakukan penataan atau dekorasi pun ternyata juga dapat menciptakan kesan lebih indah pada tampilan tempat tinggal kamu. Berbicara mengenai dekorasi melakukan pengecatan tembok atau dinding menjadi salah satu cara yang paling banyak dilakukan.

Cara Mengelupas Cat Tembok

Mengganti warna tembok dengan cat baru menjadi pilihan untuk mempercantik tampilan rumah. Namun sebelum melakukan pengecatan ulang alangkah lebih baik jika cat lama dibersihkan terlebih dahulu agar hasilnya pun lebih maksimal. Lantas, bagaimana cara membersihkan atau mengelupas cat tembok lama yang akan dicat dengan warna baru? Berikut cara mengelupas cat tembok yang lama dengan mudah dan prosesnya pun lebih cepat.
Paint Remover adalah sebuah cairan kimia yang berguna untuk membersihkan atau mengelupas cat tembok lama lebih cepat. Cairan ini dapat digunakan untuk dinding, kayu, ataupun bahan lainnya. Karena bahan ini mengandung cairan kimia, maka saat melakukan penguasan tangan harus di bungkus dengan sarung karet agar lebih aman.
Caranya ambil kuas untuk menyapukan cairan paint remover ke bagian tembok, lakukan secara bertahan sehingga tidak menimbulkan bagian yang luas. Tunggu cairan ini sampai mengering kira-kira 3 – 5 menitan. Jika ada bagian yang belum terkelupas secara merata, maka kuaskan kembali cairan paint remover.


Sekrap Bagian Tembok

Setelah cairan paint remover sudah dalam keadaan sedikit mengering dan lembab, maka lakukan cara berikutnya yaitu dengan mengelupas cat menggunakan sekrap. Jika kamu belum memiliki alat ini maka bisa membelinya di toko bangunan terdekat. Setelah itu tekan sekrap agar cat tembok terkelupas secara maksimal. Lakukan proses sekrap sampai cat lama benar-benar bersih.


Bersihkan Menggunakan Air

Pada langkah berikutnya setelah proses sekrap dilakukan secara sempurna, maka kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan air. Siram permukaan dinding tembok dengan air sampai bersih. Tunggu sampai tembok mengering dengan sempurna. Ini cukup memakan waktu yang lama, jadi kamu bisa istirahat terlebih dahulu.


Haluskan Permukaan dengan Amplas

Jika tembok sudah dalam keadaan kering secara sempurna, maka silahkan untuk menghaluskan permukaan tembok dengan amplas. Ini bertujuan agar permukaan tembok lebih rata sehingga proses pengecatan lebih mudah untuk dilakukan. Gosok permukaan tembok hingga merata.


Pengecatan

Cara mengelupas cat di tembok lama berikutnya adalah melakukan pengecatan ulang sesuai dengan cat yang telah ditentukan. Ini merupakan proses akhir yang kamu lakukan. Lakukan pengecatan secara bertahap agar hasilnya lebih sempurna dan terlihat lebih merata.

Mungkin setiap orang memiliki caranya masing-masing, ada yang menggunakan cairan paint remover sebagai alat bantu untuk pengelupasan cat secara sempurna. Namun ada juga yang menggunakan cairan tinner. Untuk kamu yang biasa menggunakan cairan tinner maka bisa saja, namun karena aromanya yang sedikit menyengat maka gunakan pelindung masker saat proses penguasan tinner ke bagian tembok.
Caranya hampir sama seperti di atas, hanya saja bahan yang digunakan berbeda. Tergantung kamu ingin menggunakan bahan yang mana. Proses pengelupasan cat pada tembok ini dilakukan agar hasil pengecatan ulang terlihat lebih sempurna. Jadi tidak perlu takut akan adanya pencampuran warna pada dinding. Lakukan cara mengelupasan cat tembok lama untuk hasil pengecatan baru yang lebih sempurna.

Sekian tulisan kali inimengenai Cara Mengelupas Cat Tembok yang Lain  kali ini semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar