6 Cara Mencegah Atap Bocor Saat Musim Penghujan

6 Cara Mencegah Atap Bocor Saat Musim Penghujan -  Cara Mencegah Atap Bocor – Setiap kali musim penghujan tiba, berbagai masalah tentu bisa saja terjadi kapan saja, mulai dari masalah yang besar hingga masalah kecil seperti atap rumah yang mengalami kebocoran. Masalah seperti ini memang sering sekali menjadi keluhan bagi kebanyakan orang. Tak heran berbagai cara dilakukan untuk memperbaiki atap rumah yang bocor. Namun melakukan pencegahan atap bocor akan jauh lebih efektif dibandingkan memperbaikinya.

Masalah atap yang bocor seperti ini tentu tidak ingin kamu alami juga. Jika tidak ingin mengalaminya, maka kamu bisa melakukan pencegahan sebelumnya. Misalnya saja dengan menggunakan genteng kualitas terbaik, membangun pondasi rumah yang lebih kuat, memperkirakan kemiringan atap rumah dan lain sebagainya. Namun untuk lebih jelasnya, berikut 6 cara mencegah atap bocor saat musim penghujan tiba.

Merancang Kemiringan Atap


6 Cara Mencegah Atap Bocor Saat Musim Penghujan

6 Cara Mencegah Atap Bocor Saat Musim Penghujan

Setiap atap rumah tentu dibangun dengan posisi kemiringan yang berbeda-beda. Namun jika bahan atap rumah yang kamu gunakan adalah genteng, maka aturlah kemiringan secara standar agar air hujan bisa turun secara sempurna. Posisi atap yang terlalu lantai, tentu tidak baik untuk kualitas genteng. Selain akan menimbulkan genangan di atas atap, kualitas genteng pun juga akan terganggu dan menyebabkannya cepat retak, pecah ataupun berlubang.


Menggunakan Atap Rumah Berkualitas


Saat akan membangun sebuah rumah tempat tinggal, tentu berbagai persiapan sudah kamu lakukan jauh-jauh hari termasuk dengan pemilihan bahan atap rumah yang akan digunakan. Bahan atap rumah terbagi menjadi beberapa jenis, misalnya saja seperti genteng, beton, cor, dan lain sebagainya. Namun meskipun jenisnya berbeda-beda, alangkah lebih baik jika kamu menentukan kualitas terbaik untuk atap rumah yang akan digunakan.


Mengatur Posisi Genteng Sebaik Mungkin


Jika atap yang kamu gunakan berasal dari bahan genteng, maka atur posisinya sebaik mungkin. Karena atap bocor bukan berasal dari bagian dak genteng saja, melainkan pada posisi genteng yang terkadang mengalami pergeseran. Cara mencegah atap bocor pada rumah, maka atur posisi genteng sebaik mungkin dan serapat mungkin.

Menggunakan Water Proofing


Istilah water proofing mungkin sudah tidak asing lagi untuk kamu dengar. Bahan pelapis anti air ini bisa kamu gunakan di atap rumah untuk mencegah datangnya kebocoran. Dengan menggunakan water proofing pada bagian atap rumah, tentu atap akan semakin kokoh menahan rembesan air hujan. Hal ini akan mencegah terjadinya kebocoran pada atap rumah kamu.


Memberikan Lapisan Vinyl di Bawah Atap


Cara mencegah atap bocor bisa juga kamu lakukan dengan memberikan lapisan vinyl atau plastik di bagian bawah atap atau genteng. Saat memasang atap, pastikan kamu sudah mempersipkan bahan vinyl yang akan diletakkan sebelum pemasangan genteng. Dengan memberikan lapisan tambahan di bawah atap tentu kebocoran pun tidak akan terjadi.


Melakukan Penggantian Atap Jika Terjadi Kerusakan


Jika atap rumah sudah berusia lebih, tentu kualitasnya pun juga semakin menurun. Untuk menghindari kebocoran atap rumah, maka kamu bisa melakukan penggantian atap rumah yang mulai mengalami kerusakan. Kamu bisa melakukan perobakan kembali dan menggantinya dengan yang baru.

Itulah 6 cara mengatasi atap yang bocor pada rumah tempat tinggal kamu. Cara di atas bisa kamu lakukan saat membangun rumah pertama kalinya. Selain lebih efektif tentu melakukan pencegahan akan lebih baik dibandingkan melakukan perbaikan dan atap rumah pun bisa terhindar dari kebocoran saat musim penghujan tiba. 6 Cara Mencegah Atap Bocor Saat Musim Penghujan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar